Senin, 27 Juli 2015

Kuliner dan Oleh-oleh Khas Balikpapan yang Top

Wisata Kuliner di Balikpapan - Suatu kota kecil yang ada di Kalimantan Timur ini berkembang cepat karena tugasnya juga sebagai pintu gerbang Kalimantan Timur. Karena itu, Balikpapan banyak dihuni oleh pendatang dari beragam budaya hingga nampak banyak akulturasi, termasuk juga masalah kuliner. Apa sajakah wisata kuliner serta oleh - oleh khas Balikpapan yang menarik? Ini dia daftarnya.
Wisata Kuliner di Balikpapan
gambar dari wisata kuliner di Balikpapan

1. Aneka Olahan Kepiting
Kota Balikpapan yaitu salah satu kota yang populer jadi penghasil kepiting bakau atau Scylla serrata dengan kwalitas terbaik di Indonesia. Sebagian restoran kuliner yang sediakan beragam masakan kepiting bakau di Balikpapan bisa Anda temui di Jalan Marsma Iswahyudi Gunung Bakaran, yang terdapat tak demikian jauh dari Bandara Sepinggan. Disini, Anda bisa temukan beragam jenis sajian kepiting dari kepiting lada hitam, kepiting saus tiram, kepiting goreng mentega, kepiting saus khusus, sampai kepiting tauco. Nah, menu paling laku dari sebagian pilihan itu yaitu kepiting saus special serta kepiting lada hitam. Oh iya, bila Anda sangatlah suka pada rasa kepiting disini serta mau menikmatinya lagi dirumah, Anda dapat beli kepitingnya dalam paket spesial yang cuma butuh Anda panaskan sesampainya dirumah saat sebelum disantap.

kuliner balikpapan Bingka

2. Bingka Balikpapan
Wisata kuliner di Balikpapan juga mempunyai kuliner khas lain yang berupa kue, yakni bingka. Terkecuali populer di Balikpapan, Anda dapat juga menjumpainya juga sebagai kuliner khas di Pontianak. Bingka adalah suatu makanan yang memiliki bahan basic kentang, hingga condong kurang tahan lama. Walau bagaimanapun, bingka terus pas untuk jadikan oleh-oleh lantaran rasa serta bentuk yang unik. Terkecuali kentang, bingka juga terbuat dari telur, mentega, susu, gula serta santan hingga membuat cita rasa yang manis, gurih serta tentu lezat. Saat ini beragam produsen bingka di Balikpapan sudah berinovasi hingga sediakan beragam gabungan bingka, seperti keju, pisang, gula merah, sampai labu merah. Bingka bisa Anda beli di Stal Kuda atau di dekat Pelabuhan Semayang. Konon tuturnya ke-2 tempat itu yaitu dua produsen bingka terenak di Balikpapan.

3. Amplang
Nah, untuk Anda yang pengagum makanan ringan, Anda bisa coba amplang dari Balikpapan. Amplang yaitu type camilan seperti kerupuk. Bahan paling utama dari amplang yaitu telur, tepung, daging ikan pipih (umumnya dimaksud belida) serta beragam bumbu rempah. Ikan pipih yang umum dimaksud belida ini yaitu salah satu ikan air tawar yang dulunya banyak ada di perairan Kalimantan. Tetapi sayangnya ikan belida makin tidak sering didapati hingga produsen saat ini menggantinya dengan daging ikan tenggiri. Beragam bahan basic dari amplang ini lalu membuat rasa yang gurih serta memiliki tekstur renyah, hingga Anda bisa lupa telah makan berapakah buah!

oleh-oleh Balikpapan

4. Bakpia Balikpapan
Salah satu pilihan wisata kuliner di Balikpapan setelah itu yaitu bakpia atau pia. Mungkin saja Anda sedikit bingung, lantaran bakpia telah sama dengan Yogyakarta. Tetapi rupanya, bakpia juga termasuk juga salah satu kuliner khas Balikpapan serta di sajikan lewat cara yang tidak sama dari bakpia pathuk yang kita kenal. Bakpia ala Balikpapan mempunyai ukuran semakin besar serta terbuat dari kacang hijau serta gula, lalu dibungkus dengan tepung lantas dipanggang. Bakpia Balikpapan ini mempunyai struktur yang sangatlah renyah mirip biskuit, hingga struktur renyah ini bisa membedakan bakpia Balikpapan dari bakpia Yogyakarta. Ada sebagian pilihan rasa seperti kacang hijau, keju serta cokelat.

5. Mantau
Kuliner yang satu ini memanglah adalah kuliner khas Tionghoa yang banyak Anda temui di Indonesia. Tetapi nyatanya, mantau juga adalah kuliner khas dari Balikpapan juga sebagai hasil kulturasi serta membuat type kuliner mantau yang unik. Mantau yaitu sajian roti yang dikukus seukuran kepalan tangan serta lalu di goreng. Bedanya, di Balikpapan, mantau di sajikan berbarengan dengan daging rusa yang di proses memakai bumbu lada hitam (rusa lada hitam). Ini dia yang membedakan mantau Balikpapan dengan mantau yang lain. Rasa mantau Balikpapan mempunyai cita rasa yang unik serta enak. Struktur daging rusa yang agak lembut serta mempunyai rasa yang manis sangatlah pas digabungkan dengan bumbu lada hitam pedas. Taburan kacang mete yang disangrai serta mempunyai rasa gurih juga melengkapi mantau Balikpapan hingga membuatnya jadi makin lezat.

Wisata kuliner di Balikpapan sangatlah seru, bukan? Diluar itu, cobalah juga kuliner khas Balikpapan yang lain yang menarik. Selamat makan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar